Selasa, 24 Mei 2016

4 Karakter semut sebagai sumber belajar

07.07

4 Karakter semut sebagai sumber belajar - Semut merupakan hewan insekta(serangga) yang sering menunjukkan prilaku unik kepada manusia. Hal ini menjadi pelajaran khusus buat manusia dalam kehidupan sehari-hari sebagai makhluk sosial. 

Pepatah “dimana ada gula disitu ada semut” merupakan gambaran untuk prilaku manusia terhadap sumber mata pencaharian dan prilaku sosial manusia dalam kehidupan sehari-hari. Jika diamati dari awal prilaku semut, ternyata ada semut yang bertugas sebagai perintis jalan menuju tempat yang ada gula. 



Jika sudah sampai ditujuan, mereka memanggil kawan-kawannya. Tidak begitu lama, terbentuklah iring-iringan semut dalam jumlah besar.

Karakter apa yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar bagi manusia? Paling tidak ada 4 karakter penting yang dapat dijadikan sumber belajar bagi manusia:


1.Hidup bergerombol dan bergotong royong.
Perhatikanlah segerombolan semut yang berjalan beriringan membawa makanan. Seolah-olah makhluk ini sedang melakukan kegiatan gotong royong. Pekerjaan yang berat sekalipun akan menjadi ringan karena budaya gotong royong. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Budaya semut ini masih belum pudar sampai sekarang.

2.Saling bertegur sapa.
Segerombolan semut sibuk hilir mudik menuju ke tempat ada makanan dan membawanya pulang. Betapapun sibuknya melaksanakan tugas harian, mereka tetap saling bertegur sapa dan bersilaturrahmi. Jika berpapasan mereka berhenti sejenak dan saling menyapa. 

Ini sindirin keras bagi manusia yang terlalu sibuk memikirkan dan menjalankan kehidupan social pribadinya. Bertegur sapa, saling member salam, dan saling memberi senyum ramah terasa semakin mahal dalam kehidupan manusia.

3.Disiplin.
Budaya disiplin juga diajarkan oleh semut. Mereka hilir mudik pada jalur jalan yang sudah dirintis oleh temannya terdahulu. Pada jalur itulah mereka berjalan jika tidak diganggu oleh manusia dan makhluk lainnya. Seringnya terjadi kecelakaan berlalu lintas merupakan salah satu bukti ketidakdisiplinan pengguna jalan raya.

4.Semut tidak akan menggigit kalau tidak tersakiti.
Sesungguhnya semut itu bukanlah hewan pengganggu. Ia akan membalas dengan caranya sendiri jika merasa terusik oleh makhluk lain. Demikian kira-kira beberapa prilaku semut yang pantas dijadikan cermin bagi manusia dalam menjalani kehidupan sebagai makhluk sosial

sumber : http://www.matrapendidikan.com/2014/10/4-karakter-semut-sebagai-sumber-belajar.html

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

6 komentar:

  1. postingannya bagus kak, tingkatkan :)

    BalasHapus
  2. memotivasi banget nih artikel, makasih ya min :D

    BalasHapus
  3. jangan mau kalah sama semut gan, hidup tak hanya sendiri , jangan lupa bersosialisasi

    kunjungi : http://informatikaberdakwah.blogspot.co.id

    BalasHapus
  4. makasih semua, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua amin

    BalasHapus
  5. artikel bagus gan, bahkan semut bisa melakukan yang sulit di lakukan oleh manusia :)

    BalasHapus

 

© 2013 Korelasi antara Agama dan Teknologi. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top